Cara Menanam Tomat

Cara Menanam Tomat – Tomat merupakan tumbuhan yang berasal dari keluarga Solanaceae, yang merupakan tumbuhan asli dari Amerika Tengah dan Selatan, Meksiko hingga Peru. Pada umumnya orang mengenal tomat sebagai tomat buah, tomat sayur, dan tomat lalapan. Namun fungsi tomat merupakan klarifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah. Tomat tidak hanya dimanfaatkan sebagai lalapan saja, buah ini juga memiliki beberapa khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

cara menanam tomat

Kandungan nutrisi yang tinggi pada tomat memiliki banyak manfaat, seperti menjaga kesehatan kulit, membantu tulang tetap kuat, melawan penyakit kanker, mengatur gula darah, meningkatkan daya penglihatan, menjaga kesehatan rambut, membantu mencegah batu ginjal, membantu menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi manfaat yang terdapat dari buah dan sayuran tomat ini.

Cara Menanam Tomat

Berbagai jenis masakan juga banyak menggunakan tomat sebagai bahan pelengkap, bahkan tomat dimanfaatkan menjadi beberapa jenis olahan, seperti saus tomat, jus tomat dan sambal tomat. Tomat juga telah menjadi bahan makanan yang dikonsumsi secara rutin. Mungkin pada umumnya untuk mengkonsumsi tomat, anda biasanya membeli di pasar atau swalayan. Namun tidak ada salahnya jika anda juga belajar untuk membudidayakan tomat di halaman rumah anda. Selain dapat untuk dikonsumsi sendiri, bisa juga dijadikan sebagai usaha mandiri dan menambah penghasilan anda.

Jika anda penasaran dengan Cara Menanam Tomat, sudah banyak informasi cara pembudidayaan tomat yang bisa ditemukan di internet. Seperti kesempatan kali ini SoTau.com akan membantu anda membudidayakan tomat di halaman rumah anda, dengan langkah seperti berikut:

Tahap Pembibitan

Tahap pembibitan tanaman tomat dilakukan sebelum tahap pengolahan tanah. Untuk benih, pilihlah tomat yang sehat dan matang sempurna, buah tidak keriput atau cacat. Buah tomat disemai dengan menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1 lalu tambahkan kurang lebih 1,5 % pupuk NPK halus. Sebelum proses penyemaian, benih tomat sebaiknya didesinfektan dengan merendamnya ke dalam larutan fungisida, agar mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit mati, lalu disemai di persemaian. Setelah biji berkecambah dan memiliki daun semu berjumlah 2, pindahkan bibit kecil tersebut ke dalam polibag plastik yang telah berisi media semai. Setelah benih tumbuh dan berumur 7-10 hari, lakukan penyemprotan fungisida, lalu setelah bibit tomat memiliki daun sejati berjumlah 4, tanaman tersebut siap untuk di tanam di lahan.

Tahap Pengolahan Tanah

Persiapan lahan meliputi penggemburan tanah, pemberian pupuk kandang, dan hal-hal lain yang pastinya akan mendukung pertumbuhan tanaman tomat sehingga berbuah maksimal. Beberapa tahapan pengolahan tanah yang harus dilakukan, seperti berikut:

  1. Penggemburan tanah dapat dilakukan dengan cara mencangkul, membajak atau menggaru.
  2. Pembuatan bedengan, umumnya dengan ukuran lebar 120 cm, tinggi 25 cm dan lebar kurang lebih 60 cm.
  3. Jika tanah yang PH nya di bawah 6,5 sebaiknya lakukan pengapuran dengan menggunakan dolomit dengan dosis 200 kg/ha.
  4. Pemupukan awal menggunakan pupuk kandang dan pupuk NPK, lalu aduk dengan media tanah hingga tercampur rata.
  5. Pemasangan mulsa PHP dan pembuatan lubang tanam dengan jarak 60 cm x 60 cm.

Tahap Penanaman Tomat

Bawa polibag berisi bibit tomat dan gunting ke dalam lahan, timbun kembali dengan tanah. Setelah proses penanaman selesai, siram dengan air secukupnya.

Pemasangan Ajir

Ajir dibuat dari bambu dengan panjang yang disesuaikan dengan tinggi tanaman. Pemasangan ajir dianjurkan dengan sistem ajir tegak.
 
Tahap Pemeliharaan
Tahap pemeliharaan tanaman tomat dilakukan dengan beberapa tahap, seperti:
  • Penyulaman
  • Perempelan
  • Pengikatan tanaman
  • Sanitasi lahan
  • Pemupukan susulan
  • Pengendalian hama dan penyakit.
Tahap Panen
Tahap pemanenan buah tomat biasanya telah siap panen pada umur antara 65-75 hari setelah masa tanam.

Cara Menanam Tomat

Dengan proses pembudidayaan Cara Menanam Tomat seperti diatas, anda akan mendapatkan hasil buah tomat yang matang sempurna sehingga baik untuk dikonsumsi maupun dijadikan usaha. Sekian ulasan mengenai Cara Menanam Tomat, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

One Comment on “Cara Menanam Tomat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>