Cara Mengolah Kulit Manggis

Cara Mengolah Kulit Manggis – Manggis atau yang memiliki nama latin Garcinia mangostana L. ini merupakan sejenis pohon hijau abadi yang memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan, sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia. Buah yang dikenal sebagai “ratu buah” ini ternyata tidak hanya enak dimakan saja, mulai dari kulit, biji dan daging buah manggis menyimpan khasiatnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah manggis bersifat apomiksis obligat, yang berarti biji tidak hanya berasal dari fertilisasi saja. Selain itu sifat kimia pada permukaan bawah kulit manggis terdiri dari berbagai polifenol, termasuk xanthones dan tanin yang menjamin astringent untuk menghambar perhatian serangga, jamur, virus tanaman, bakteri dan pemangsa hewan, pada saat buah belum matang.

Cara Mengolah Kulit Manggis

Meskipun kulit manggis memiliki antioksidan yang tinggi, bukan berarti kulit manggis dapat dikonsumsi secara langsung. Kulit manggis harus melalui beberapa tahap pengolahan sehingga dapat dikonsumsi dengan aman dan bermanfaat bagi tubuh kita. Ada beberapa Cara Mengolah Kulit Manggis yang dianjurkan untuk pengobatan, mulai dari pengolahan secara tradisional, dibuat sebagai ekstrak dan juga diolah dengan cara membuatnya sebagai Jus Kulit Manggis.

Cara Mengolah Kulit Manggis

Untuk anda yang gemar mengkonsumsi buah manggis, mulai saat ini jangan pernah membuat kulit manggis, sebab dapat diolah dan dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Jika anda penasaran dengan cara mengolah dan membuat jus kulit manggis, di bawah ini SoTau.com akan memberikan informasi secara lengkap, seperti berikut:

Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat:

  1. Pisahkan kulit manggis dengan buah dan bijinya.
  2. Bersihkan dengan menggunakan sendok untuk mengeruk bagian kulit manggis, pisahkan dari bagian kulit keras yang berada pada bagian luarnya.
  3. Simpan di lemari pendingin beberapa saat.
  4. Siapkan kembali kulit manggis, lalu campurkan dengan ethanol dan air, dengan perbandingan 1:2 lalu masukkan ke dalam blender, haluskan.
  5. Setelah diblender, endapkan jus kulit manggis tersebut selama 24 jam. Saring untuk memisahkan ampas dengan extrak xanthone kulit manggis.
  6. Jus kulit manggis pun dapat dikonsumsi dengan menambahkan madu agar terasa lebih enak dan tidak pahit.

Selain beberapa Cara Mengolah Kulit Manggis seperti diatas, ada pula bahan lainnya dalam pembuatan jus kulit manggis yang bisa anda praktekkan dengan menggunakan bahan-bahan, seperti berikut:

Bahan:

  • Kulit manggis secukupnya
  • 1 gelas air matang
  • Madu secukupnya
  • Gula merah secukupnya

Cara Membuat Jus Kulit Manggis:

  1. Campurkan semua bahan yang telah disiapkan lalu blender hingga halus.
  2. Anda bisa menambahkan perisa lainnya, seperti buah-buahan alpukat, apel, mangga, sirsak, sesuai dengan selera masing-masing.
  3. Jus kulit manggispun dapat segera dikonsumsi dengan menambah beberapa butir es. Jika ada sisanya dapat disimpan dalam wadah tertutup rapat, kemudian masukkan ke dalam freezer.

Catatan: Tidak disarankan mengkonsumsi jus kulit manggis dalam keadaan perut kosong, permukaan kulit manggis akan menghitam terkena udara maka sebaiknya simpan di wadah tertutup dan dimasukkan ke dalam freezer.

Baca Juga: Manfaat Kulit Manggis

Cara Mengolah Kulit Manggis

Dengan informasi Cara Membuat Jus Kulit Manggis seperti diatas, berarti anda mengetahui bagaimana memanfaatkan kulit buah yang mungkin biasanya anda buang begitu saja. Padahal ternyata kulit buah manggis banyak memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan mengobati berbagai jenis penyakit kronis. Sekian ulasan mengenai Cara Mengolah Kulit Manggis, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

One Comment on “Cara Mengolah Kulit Manggis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>