Contoh Proposal

Contoh Proposal – Dalam membuat suatu kegiatan tentu tidak bisa dengan cara asal-asalan, karena memang semuanya akan membutuhkan proses terlebih lagi jika memang kegiatan yang akan dibuat berskala besar, tentu harus membuat perencanaan yang memang matang agar nantinya acara atau kegiatan yang dibuat berjalan dengan sukses tanpa adanya hambatan. Salah satu perencanaan yang harus dibuat untuk membuat suatu kegiatan adalah menyiapkan proposal.

Contoh Proposal

Namun tentunya bagi para pembaca semua yang belum mengetahui apa itu proposal setidaknya mengetahui dulu pengertian dari proposal. Proposal adalah sebuah tulisan yang berisi rancangan kegiatan dan harus ditulis oleh penulis yang didalamnya memiliki tujuan agar bisa menjelaskan sebuah tujuan dari kegiatan atau acara yang dibuat kepada pembacanya, baik itu individu atau kepada perusahaan. Nantinya, dengan adanya proposal ini penjelasan tentang pemahaman dan tujuan dari kegiatan yang akan dibuat bisa dibuat, apalagi tentang adanya persamaan visi, misi serta tujuan.

Contoh Proposal

Dan tentunya saat ini para pembaca semua juga pastinya tengah kebingungan juga saat akan membuat kegiatan dan diharuskan untuk membuat proposal terlebih dahulu. Pastinya juga saat ini tengah mencari Contoh Proposal terbaik agar nantinya proposal yang dibuat juga turut baik. Dan untuk membantu semua pembaca agar bisa membuat proposal yang baik maka Sotau.com akan memberikan informasi tentang Contoh Proposal terbaik yang bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca semuanya. Dan lebih baik langsung saja disimak Contoh Proposal di bawah ini.

PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG
Tema HUT RI ke-68: “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Lanjutkan Pembangunan Ekonomi Menuju Peningkatan Kesejahteraan Rakyat, serta Kita Perkuat Ketahanan Nasional Menghadapi Tantangan Global”.

2. MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun maksud diadakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME dan kegembiraan dalam menyambut Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 68 pada tanggal 17 Agustus 2013

3. Tujuan Kegiatan
Adapun tujuan diadakannya acara ini.
– Mempererat tali silaturahmi antar sesama warga RT06/RW07 Kelurahan Sukamenak Kecamatan Kopo–Bandung
– Meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi diantara anak-anak.
– Memupuk jiwa sportifitas dalam berlomba diantara anak-anak
– Memupuk semangat kebangsaan antar generasi untuk memperkuat ketahanan nasional menghadapi tantangan global.

4. DASAR KEGIATAN
Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan:
Pancasila sila ke-3, “Persatuan Indonesia”.
Petunjuk dan arahan bapak Ketua RW 07 tentang pelaksanaan kegiatan dalam rangka peringatan HUT RI ke 63 di tingkat RT 06 di lingkungan RW 07 Kelurahan Sukamenak Kecamatan Kopo–Bandung.

ISI PROPOSAL

TEMA KEGIATAN
Kegiatan yang mengedepankan kebersamaan warga antar generasi serta kegiatan anak-anak yang bersifat mengembangkan daya kreatifitas, keterampilan, ketangkasan dan sportifitas.

MACAM KEGIATAN
Acara syukuran HUT RI ke 68, 17 Agustus 2013
Syukuran & Doa
Santap Malam Bersama & Ramah Tamah
Detil pelaksanaan akan ditetapkan kemudian
Perlombaan balita dan anak-anak
Tingkat Balita (usia 0–5 tahun) 3 lomba
Tingkat SD (usia 6–12 tahun) 5 lomba
Jenis perlombaan akan ditetapkan kemudian

PESERTA
Seluruh warga RT06/RW07 Kelurahan Sukamenak Kecamatan Kopo–Bandung.

Diatas merupakan salah satu Contoh Proposal kegiatan yang memang bisa menjadi salah satu contoh saat nanti para pembaca semua akan membuat sebuah proposal kegiatan. Proposal sendiri tidak hanya terdiri dari satu jenis tapi ada beberapa jenis, seperi proposal berbentuk formal yang memiliki tiga bagian utama, pendahuluan, isi dan juga penutup. Lalu ada juga proposal semiformal dan juga proposal nonformal yang bisa dikatakan sebagai bentuk lain dari proposal formal karena tidak adanya syarat-syarat khusus yang tidak selengkap seperti proposal formal.

Namun ada lebih baiknya juga jika para pembaca semua membuat Proposal Umum dalam suatu kegiatan. Proposal Umum bentuknya lebih lentur dan penggunaan bahasanya pun tidak terlalu kaku. Namun, tetap saja harus memperhatikan berbagai macam sistematika yang harus diperhatikan dalam penulisan proposal. Hal tersebut tentu saja untuk membuat proposal lebih dimengerti dan lebih terlihat perencanaanya. Dan untuk itu lebih baik para pembaca semua harus mengetahui sistematika proposal apa saja, simak dibawah ini.

  • Pendahuluan
  • Latar Belakang
  • Masalah
  • Tujuan
  • Sasaran
  • Pelaksaan
  • Jadwal Pelaksanaan
  • Anggaran Dana
  • Penutup

Sistematika proposal diatas tentunya merupakan bagian-bagian penting dalam sebuah proposal. Tenntunya bagian-bagian penting diatas harus diterapkan agar nantinya memang proposal yang dibuat pun menarik dan bisa mencapai visi dan misi yang sama dengan pembacanya. Dalam agar proposal yang dibuat menjadi lebih menarik, memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Tentukan tema dan konsep, mengumpulkan teman, pembagian job, pengecekan dan pelaksanaan yang benar merupakan beberapa hal yang memang harus diperhatikan sebelum membuat sebuah proposal yang baik.

Baca Juga: Contoh CV

Contoh Proposal

Sekian saja informasi dari Sotau.com tentang Contoh Proposal terbaik yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Semoga saja dengan hadirnya informasi Contoh Proposal ini akan membuat semua pembacanya lebih terbantu dan terinspirasi dalam membuat proposal yang baik. Dan terima kasih juga karena telah menyimak informasi dari Sotau.com tentang Contoh Proposal.

6 Comments on “Contoh Proposal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>